Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Monday, March 29, 2010

World Vision dirikan 21 sekolah di Sumbar

Monday, 29 March 2010: World Vision International (WVI) adalah organisasi Kristen yang bergerak di bidang kemanusiaan dan hadir di 97 negara.

WVI membangun 21 unit gedung sekolah dasar permanen di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman, daerah yang terkena gempa bumi sebesar 7,9 SR di Sumatera Barat pada akhir September 2009.

Total anggaran yang disiapkan WVI untuk membantu korban di Sumbar, sebesar US$4.167.829, atau setara dengan Rp 42 miliar lebih.

Akibat gempat itu, sedikitnya 500 gedung sekolah dasar mengalami rusak ringan, rusak sedang, dan rusak berat. Hal itu menyebabkan 90.000 siswa terganggu proses belajar mengajarnya.

Melihat kondisi tersebut, WVI bekerjasama dengan pemerintah setempat, dinas terkait, pihak Muhammadiyah dan masyarakat, membangun sebanyak 21 sekolah dasar, terdiri atas 19 bangunan sekolah sementara, dan 2 unit SD permanen.

“Hal itu merupakan harapan bersama pemerintah dan semua pihak yang terkait, agar anak-anak dapat kembali bersekolah dengan aman dan nyaman. Memiliki sekolah baru, dan semangat baru menuju masa depan,” kata Trihadi Saptoadi, Direktur Nasional WVI dalam rilis yang dikirimnya hari ini.

Dia menuturkan, WVI sebagai lembaga kemanusiaan yang berfokus pada anak-anak, merespon secara positif tekad pemerintah maupun pihak Muhammadiyah di Sumatera Barat, untuk segera memulihkan proses pendidikan anak-anak yang terganggu akibat gempa

“Membangun sekolah yang aman dan tahan gempa, serta melatih para guru dan murid dalam menghadapi gempa, tidak sekadar solusi atau bentuk antisipasi, tapi bagian dari upaya memenuhi hak perlindungan dan pendidikan anak,” lanjutnya.

Masing-masing bangunan sekolah, ujarnya, dirancang dengan baik dan memperhatikan segi keamanan yang tahan gempa. Setiap sekolah memiliki 6 ruangan kelas lengkap dengan meja-kursi siswa dan lemari, 1 ruangan guru lengkap dengan isinya, serta 1 ruangan kepala sekolah dengan perlengkapannya.

Seperti diketahui gempa yang mengguncang wilayah Sumatera Barat , sempat melumpuhkan kehidupan masyarakat di Kota Padang dan sekitarnya, serta beberapa tempat di Kabupaten Padang Pariaman.

Peristiwa yang menelan korban meninggal sebanyak 1.117 orang, itu telah menghancurkan 133.739 bangunan gedung dan rumah. Kerugian akibat gempa bumi ini diperkirakan mencapai Rp26,6 riliun

World Vision International (WVI) adalah organisasi Kristen yang bergerak di bidang kemanusiaan dengan fokus pelayanan kepada anak. Organisasi ini aktif dalam kegiatan kemanusiaan, antara lain yang bersifat tanggap darurat (penanggulangan bencana, pasca perang maupun konflik), advokasi, dan pengembangan masyarakat.

Tahun 2006, World Vision hadir di 97 negara, melayani tidak kurang dari 2.800.000 anak santun dengan dukungan tidak kurang dari 23.500 staf di seluruh dunia. Hidayatullah.com

0 comments:

Post a Comment

Jaringan

  © Blogger template AutumnFall by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP