Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Wednesday, July 21, 2010

Aceh Wakili Indonesia Festival Qasidah Di Turki

Banda Aceh ( Berita ) : Grup musik Qasidah Provinsi Aceh mewakili Indonesia pada festival internasional Folkhlore di Kota Yalova, Turki pada 20 Juli 2010.

“Saya berharap para seniman musik kita tidak hanya mengharumkan harum nama Aceh tapi juga Indonesia pada pentas internasional itu,” kata Wakil Gubernur (Wagub) Muhammad Nazar di Banda Aceh, Selasa [20/07].

Kontingen Lembaga seni qasidah Indonesia (Lasqi) Aceh sebanyak 40 orang itu bertolak dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (20/7).

Grup Lasqi Aceh pimpinan Dewi Meutia Anwar yang juga isteri Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar itu mengandalkan kalaborasi antara alat musik tradisional dengan modern. “Kalaborasi kedua musik tersebut diyakini akan menjadikan Lasqi Aceh yang terbaik dari negara-negara yang ikut serta dalam festival internasional itu,” kata Wakil Gubernur Muhammad Nazar.

Dalam beberapa tahun terakhir, katanya, prestasi Lasqi Aceh tiga besar nasional. Karena itu tidak menutup kemungkinan grup Lasqi Aceh bisa menjadi yang terbaik di dunia.

Ia minta kontingen “Serambi Mekah” itu bisa memperlihatkan kebolehannya lewat tarian-tarian tradisional seperti saman yang dikemas untuk disajikan di depan pengunjung festival tersebut.

“Kita berharap kontingen kesenian ini bisa meraih prestasi baik. Qasidah merupakan seni bernafaskan Islam dan kita ingin masyarakat Aceh juga dapat mencintai jenis musik ini,”katanya.

Selain untuk menjaga kelestarian tarian tradisonal daerah Aceh, jenis kesenian Lasqi juga dapat menjadi media dakwah menyiarkan agama Islam di seluruh tanah air masa mendatang.

“Kita mengharapkan Lasqi ikut serta mendukung upaya pemerintah Aceh untuk menegakkan syariat Islam lewat dakwah yang mereka masukkan dalam setiap lirik lagu,” jelasnya. (ant )

0 comments:

Post a Comment

Jaringan

  © Blogger template AutumnFall by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP